Opening Ceremony Test Event Wushu untuk Simulasi Asian Games 2018

JAKARTA – Kamis sore 26 Oktober 2017, test event cabang olahraga wushu resmi dibuka. Ajang untuk persiapan Asian Games 2018 ini berlangsung di Sport Mall Britama Arena, Jakarta Utara, Hingga 29 Oktober mendatang, uji coba ini untuk memaksimalkan persiapan wakil Indonesia pada pesta olahraga empat tahunan tersebut. Bisa dipahami mengingat Indonesia sebagai tuan rumah. Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menargetkan prestasi terbaik di hadapan publik. Organisasi yang dipimpin Menteri Perindustrian Airlangga ini ingin melanjutkan tren positif sejak SEA Games 2017.

Maklum, wushu menyumbang sembilan medali pada ajang yang berlangsung di Malaysia pada 19-30 Agustus lalu. Rinciannya, masing-masing emas, perak, dan perunggu tiga medali.

“Test event ini tidak hanya uji kesiapan panitia saja. Melainkan juga evaluasi untuk menyempurnakan saat pelaksanaan,” kata Sekjen PB WI Ngatino.

Terdapat 547 atlet dari 20 perkumpulan dan pengurus provinsi (pengprov) di Tanah Air yang mengikuti test event ini. Kendati bertajuk uji coba, mereka datang dengan skuat terbaik.

Pada uji coba ini mempertandingkan nomor internasional, termasuk sanda putra dan putri. Selain itu ada juga nomor tradisional yang akan diikuti berbagai atlet tersebut.

“Ini menyangkut nama dan bangsa. Kami siap mensukseskan test event ini sebagai jalan pembuka menuju Asian Games 2018,” Ngatino, menjelaskan.

Sebagai simulasi untuk Asian Games, test event ini terbuka untuk umum. Masyarakat bisa menyaksikan berbagai pertandingan secara gratis hingga Minggu dengan disuguhi berbagai hiburan lainnya.***